Pada halaman kelas elearning, terdapat menu Administration yang digunakan untuk mengelola kelas yang terdiri dari submenu sebagai berikut:
Biarkan saja dalam kondisi default (ON) agar fitur embed multimedia dan auto linking berjalan dengan normal. Biarkan saja dalam kondisi default (ON) agar fitur embed multimedia dan auto linking berjalan dengan normal.
Setelah diangkat statusnya menjadi “dosen” oleh admin, pengguna dapat mengedit dan mengatur mata kuliah (course) sesuai kebutuhan. Untuk melakukan perubahan setingan/konfigurasi pembelajaran dosen dapat klik “Setting” pada menu “Administration”.
Di dalam menu “Setting Course” ini dosen dapat mengatur semua kebutuhan yang ada di mata kuliah yang diajarkan diantaranya mengatur settingan mata kuliah, melihat mahasiswa yang terdaftar dalam mata kuliah, memberikan nilai kepada mahasiswa (grade), membuat group mata kuliah, membackup file, mengirim file, memberikan pertanyaan kepada mahasiswa (question), serta merubah profil dosen.
Untuk mengubah setting couse/ mata kuliah silakan klik “turn editing on” pada bagian pojok kanan atas halaman elearning.
Apabila ingin mengubah pengaturan course misalnya: mengubah judul course, mengubah deskripsi, memilih format, menentukan tanggal mulai, memberi kunci, dan aktivitas lainnya, pengajar dapat melakukannya dengan cara klik edit setting pada blok menu “administration”. Perhatikan gambar berikut.
Pada edit settings selanjutnya akan muncul pengaturan kursus sebagai berikut.
Course full name : Nama atau judul lengkap mata pembelajaran. Contoh: Strategi Pembelajaran
Course short name : Nama atau Judul Singkat tentang mata kuliah. Contoh: STRAPEM
Course id number : Nomor kode resmi untuk mata kuliah. Contoh: TIK2017
Course description: Deskripsi / penjelasan singkat tentang mata pembelajaran.
Format: Bentuk tampilan untuk materi pembelajaran bisa dipilih antara lain dengan bentuk weekly format, topics format, menu format, atau social format.
Number of sections: Jumlah banyaknya minggu atau topik pada pembelajaran yang akan dibuat. Kita dapat mengisikan berapa minggu waktu pembelajaran yang akan ditempuh. Atau berapa topik yang ada pada pembelajaran yang akan dibuat.
Course start date: Menentukan tanggal dimana mata pembelajaran mulai ditampilkan.
Hidden Sections: Pada pilihan ini digunakan untuk apakah tiap bagian dalam materi pembelajaran ditampilkan kepada mahasiswa.
Enable completion tracking: Bagian ini digunakan untuk menentukan apakah akan ditampilkan laporan aktivitas kegiatan yang dilakukan oleh pengajar dan mahasiswa.
Maximum upload size: Menentukan ukuran file maksimal yang dapat dikirim untuk mengupload data.
Cource Enrollable: Bagian ini digunakan untuk menentukan apakah peserta memerlukan proses pendaftaran agar dapat mengakses materi kuliah.
Enrollment Duration: Durasi Pendaftaran.
Enrollment Expiry Notification: Pemberitahuan untuk selesainya masa pendaftaran.
Notify Students: Mahasiswa akan mendapatkan pemberitahuan jika masa pendaftaran berakhir.
Group mode: Model pengelompokan kelas pembelajaran. Pada bagian ini dapat diatur apakah kelas pembelajaran akan dibagi/dipisah menjadi beberapa kelompok.
Availability: Mengatur apakah materi pembelajaran dapat diakses oleh mahasiswa atau tidak.
Enrollment key: Bagian ini digunakan untuk menentukan “Kunci Pendaftaran”, hal ini dapat digunakan untuk mencegah seseorang yang tidak diinginkan mendaftar pada kelas pembelajaran yang akan dibuat.
Guest access: Digunakan untuk menentukan apakah peserta tamu dapat mengikuti materi pembelajaran tanpa ada proses pendaftaran pada sistim.
Your word for Teachers/Students: Kata sebutan bagi pengajar ataupun bagi mahasiswa.
Force Language: Digunakan untuk mengatur apakah materi pembelajaran yang akan dibuat mengunakan bahasa khusus.
Setelah selesai mengubah berbagai setting yang dosen perlukan, klik-lah tombol “Simpan” pada bagian bawah layar.