UPT. TIK Universitas Pendidikan Ganesha Laksanakan Kick Off Meeting Penerapan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2015)

Sebagai langkah awal atau gong pembuka untuk implementasi kegiatan ISO khususnya di UPT TIK, pada hari Kamis (30/9) UPT TIK Undiksha melaksanakan kick off meeting manajemen mutu ISO 9001:2015 secara daring melalui zoom.

Turut hadir dalam acara yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I. , Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat dan Alumni
Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan Perencanaan dan Kerjasama yang diwakili Kabag Perencanaan I Gusti Putu Anom Arimbawa, S.T., Kepala Biro Umum dan Keuangan Ni Luh Wayan Yasmiati, SH, Kepala UPT TIK, Sekretaris UPT TIK, Bapak Dr. Erwin, ST, MT, CLA ISO 9001 dan Tim Konsultan dari PT. BTS serta Tim ISO 9001:2015 UPT TIK Undiksha

Pada pembukaan acara Kick Off Meeting tersebut, I Made Ardwi Pradnyana, S.T., M.T. selaku Koordinator Tim SMM (Sistem Manajemen Mutu) menyampaikan ucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan dan memohon dukungan tim dalam implementasi dan sertifikasi program ISO kedepannya.

“Kegiatan akan berlangsung beberapa bulan ke depan dan pada bulan maret 2022 UPT TIK akan mulai mengajukan sertifikasi ISO”, ungkap Ardwi dalam menutup sambutannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan sertifikasi ISO dan peningkatan mutu layanan oleh konsultan.

“Ketika bicara tentang penerapan sistem manajemen mutu, maka yang dibutuhkan adalah komitmen bersama, tidak hanya tim iso di UPT TIK tetapi juga para pihak yang berkepentingan, termasuk lembaga/biro di undiksha perlu mengetahui dan terlibat. Karena standar yang akan dibentuk di UPT TIK akan menjadi standar yang berfokus pada peningkatan mutu yang akan mempengaruhi Lembaga/unit di Undiksha”, ungkap Bapak Erwin Ketuaa tim konsultan PT. BTS.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Wakil Rektor 1 Undiksha, dalam penyampaiannya beliau mengungkapkan bahwa di tahun 2021 telah banyak usaha dilakukan Undiksha untuk dapat meningkatkan kualitas, baik dalam manajemen, tugas pokok Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tim konsultan PT. BTS bapak Erwin membantu kita untuk mengimplementasi iso di FTK dan UPT TIK, semoga semua berjalan dengan baik serta berjalan lancar dan mampu meraih hasil yang kita harapkan bersama tersertifikasi ISO 9001.

“ISO 9001:2015, tujuan kita bukan untuk secarik kertas untuk kita tunjukan ke masyarakat luas, namun yang paling substansi adalah bagaimana kita memperbaiki tata kelola di UPT TIK, di unit-unit lain dan juga berharap dengan penerapan iso 9001 ini dapat meningkatkan pelayanan kita kepada seluruh stakeholder baik itu internal dan eksternaL”, ungkap akademisi kelahiran Badung ini.

Pada Kick Off Meeting tersebut seluruh staff/anggota di Lingkungan Undiksha dan UPT TIK menandatangani komitmen bersama terkait Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001: 2015.

Menutup acara sambutan, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I. berharap kegiatan implementasi ISO bisa berjalan dengan lancar dan sukses, dan bisa menjadi salah satu critical point pada saat visitasi terkait akreditasi internasional melalui agensi AQAS untuk 21 program studi yang ada di universitas.

“Mudah-mudahan tahun 2022 menjadi berkah bagi kita semua, pertama kita terakreditasi internasional oleh AQAS untuk keseluruhan program studi dan kedua yaitu mendapatkan sertifikat 9001:2015 untuk 2 unit di FTK dan UPT TIK”.

UPA TIK
UPA TIK
Merupakan anggota tim Divisi Konten dan Multimedia UPT TIK Universitas Pendidikan Ganesha. Saat ini bergeliat dibidang website, videography, design, dan bidang informatika.