Pelaksanaan Wisuda ke- 57 Periode November Universitas Pendidikan Ganesha akan dilaksanakan pada 29 – 30 Nopember 2018. Masing-masing calon wisudawan biasanya akan melaksanakan prosedur pendaftaran wisuda dengan melengkapi berkas-berkas sebagai persyaratan wisuda, seperti mendaftar wisuda melalui SIAK, mengisi tracer study, mengupload tugas akhir/skripsi/thesis/disertasi pada website perpustakaan undiksha, serta berkas lainnya.
Berkenaan dengan hal tersebut, pada Jumat (22/10) sebanyak 71 orang calon wisudawati Jurusan Kebidanan Universitas Pendidiakan Ganesha mengikuti sosialisasi penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAK) dalam mendukung proses pendaftaran wisuda. Sosialisasi dilakukan berdasarkan permintaan Ketua Jurusan Kebidanan Undiksha, mengingat mahasiswi belum pernah menggunakan SIAK sejak awal perkuliahan.
Sosialisasi dilakukan oleh 3 staff UPT TIK, masing-masing mahasiswi terbagi menjadi 3 lokasi sosialisasi yang bertempat di ruang video converence, lab timur, dan lab barat gedung UPT TIK. Terdapat berbagai materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini seperti pengenalan sistem informasi akademik, prosedur-prosedur, pengenalan fitur SIAK, pengoperasian SIAK dalam menunjang kegiatan akademik (biodata, proses KRSan, KHSan, dan pendaftaran wisuda), serta pengisian angket evaluasi perkuliahan.
Pelaksanaan sosialisasi dimulai sejak pukul 14.00 WITA, sebelum memulai kegiatan sosialisasi mahasiswa disampaikan terlebih dahulu mengenai akun masing-masing dan pengenalan e-Ganesha serta login melalui layanan otentikasi SSO undiksha yang beralamat di https://sso.undiksha.ac.id
Kegiatan sosialisasi berakhir pukul 16.20 WITA, waktu yang cukup singkat diharapkan dapat menambah wawasan layanan sistem informasi UPT TIK. Sebagai informasi tambahan terdapat beberapa hal yang harus dilakukan pada website SIAK setelah melaksanakan Yudisium, mahasiswa diharapkan mengisi dan/atau mengecek data-data berikut ini.
- Mengecek kebenaran nama mahasiswa. Jika masih salah silahkan lakukan procedure Perbaikan Nama dengan melapor ke bagian kemahasiswaan Fakultas.
- Memasukkan tempat dan tanggal lahir mahasiswa [Link Biodata Mahasiswa]
- Memasukkan ayah dan ibu mahasiswa [Link Data Keluarga]
- Memasukkan foto terbaru mahasiswa [Link Biodata Mahasiswa]
- Memasukkan data wisudawan [Link Data Wisudawan]
- Memasukkan data SKPI (Surat Keterangan Pelengkap Ijazah). Jika Mahasiswa memiliki prestasi akademik. [Link Data Prestasi (SKPI)]
Setelah memasukkan data SKPI silahkan lakukan Verifikasi SKPI ke fakultas masing-masing, dengan membawa semua data piagam/ijazah/penghargaan yang dimasukkan ke sistem.