UPT TIK Undiksha Berhasil Meraih Sertifikat ISO 9001:2015

Singaraja- Audit eksternal ISO 9001:2015 Unit Pelaksana Teknis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (UPT TIK) Universitas Pendidikan Ganesha telah selesai, Rabu (27/7/2022). Hasilnya, dinyatakan lolos sertifikasi. Hal ini diumumkan langsung oleh auditor, Poernomo Amiprodjo di akhir sesi yang juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I.

Amiprodjo menjelaskan berdasarkan hasil audit selama dua hari, berbagai hal yang menjadi persyaratan telah mampu dipenuhi oleh UPT TIK. “Hasilnya sekali lagi terkait terkait ISO 9001:2015, semua persyaratan terpenuhi,” katanya. Meski demikian, ia tetap memberikan sejumlah saran yang dinilai penting untuk mendukung peningkatan layanan. Disampaikan lebih lanjut, hasil audit ini akan disertai dengan audit lanjutan yang dijadwalkan pada bulan Juli tahun 2023. Hal ini dalam rangka memastikan implementasi ISO 9001:2015.

Sementara itu, Rasben Dantes memberikan apresiasi atas pelaksanaan audit yang sudah berjalan lancar. Ia menilai, hal ini sebagai pengalaman baru, khususnya bagi UPT TIK. “Dengan terakreditasinya ISO 9001:2015, jadi tidak berhenti disini. Ini akan selalu dikunjungi, akan selalu di audit secara berkala sehingga bisa memperbaiki terkait dengan apa yang menjadi saran,” katanya.

Keberhasilan meraih sertifikat ISO 9001:2015 diharapkan dapat berdampak pada kualitas pelayanan UPT TIK yang lingkupnya cukup banyak dan menjadi motivasi untuk terus mengembangkan dan berbenah untuk mendukung Undiksha menjadi perguruan tinggi unggul dan berdaya saing. “Saya kira ini (UPT TIK, red) adalah dapur basahnya universitas kami. Semua hal-hal yang sulit dan lain sebagainya ada di UPT TIK. Dan ini juga menjadi sebuah mini world (dunia kecilnya) Undiksha. Jika ini hancur maka habis sudah, karena semua data, back up data, aplikasi yang saat ini digunakan untuk mendukung akademik maupun non akademik domain itu akan sangat bergantung pada teman-teman semua,”ungkapnya. (hms)

UPA TIK
UPA TIK
Merupakan anggota tim Divisi Konten dan Multimedia UPT TIK Universitas Pendidikan Ganesha. Saat ini bergeliat dibidang website, videography, design, dan bidang informatika.