FGD Optimalisasi Tata Kelola UPT TIK Menuju ISO 9001:2015

Pada hari Senin, (12/12) telah berlangsung kegiatan Focus Group Discussion Optimalisasi Tata Kelola UPT TIK Menuju ISO 9001 di Tahun 2022. Kegiatan berlangsung di Courtyard by Marriott, Nusa Dua, Bali dengan dihadiri segenap pimpinan Universitas Pendidikan Ganesha dan tim UPT TIK.

Kegiatan ini menjadi rangkaian lanjutan pelaksanaan Rakorbang Undiksha Tahun Anggaran 2022 yang berlangsung di tempat yang sama. Mengawali kegiatan, Ketua UPT TIK I Ketut Resika Arthana, S.T., M.Kom. menyampaikan laporan awal pelaksanaan program. Adapun tujuan FGD diharapkan UPT TIK mampu meningkatkan mutu kerja dalam mengemban tugasnya sebagai pengembang dan pengelola sistem informasi di lingkungan Undiksha. Sehingga harapan kedepan adalah layanan yang diberikan mampu memberikan nilai tambah untuk mendukung tercapainya visi dan misi Undiksha.

Lebih lanjut, Ketua UPT memaparkan terkait peran TIK dalam kehidupan dan pembelajaran.

“UPT TIK berperan untuk menciptakan inovasi, teknologi sesuai dengan arah kebijakan pimpinan Undiksha untuk mengoptimalkan dan mengefesiensikan birokrasi dan proses yang ada saat ini. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat penting  untuk duduk bersama menyamakan persepsi tata kelola UPT TIK sehingga layanan menjadi lebih berkualitas”, menambahkan tujuan pelaksanaan kegiatan.

Dalam laporan yang sama, terdapat berbagai capaian UPT TIK di Tahun 2021 yang telah melaksanakan beberapa kegiatan penting seperti:

  1. Pengembangan sistem informasi
  2. Penguatan sistem informasi yang telah ada
  3. Optimasi dan pendampingan web lembaga/unit/fakultas/prodi dalam rangka persiapan AQAS
  4. Tinjauan pemanfaatan sertifikat elektronik oleh BSSN
  5. UPTTIK mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan lembaga seperti penerimaan mahasiswa baru, wisuda, pelaksanaan SKD Kemendikbud dan Kemenag, pelaksanaan SKB CPNS
  6. Dan sedang berusaha menaikan standar kualitas mutu menuju standar ISO 9001:2015

Terdapat 10 sistem yang dikembangkan pada tahun 2021 meliputi PAICAKU, sistem manajemen backup dan restore, sistem kampus merdeka, sistem e-voting, smart payment undiksha, go Undiksha, sistem pakerti LPPM, sistem CBT Kedokteran, aplikasi desktop CBT SMBJM dan aplikasi mobile CBT.

Menutup laporan awal kegiatan, pimpinan UPT TIK turut menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya pada pimpinan Undiksha yang mendukung kegiatan dan inovasi-inovasi yang dilakukan UPT TIK.

Setelah itu dilanjutkan dengan berbagai rangkaian acara meliputi pembukaan acara, penyampaiakan materi oleh Wakil Rektor 2 Undiksha tentang Kinerja Pegawai Buah Karya Lingkungan dan Penyadaran diri, penyampaian materi oleh Wakil Rektor 1 Undiksha tentang UPT TIK Menuju ISO 9001:2015, penyampaian materi oleh Buda Suyasa tentang cloud computing, dan diakhiri penyampaian materi oleh Wayan Adi Sparta tentang CI atau Continous Integration.

Rangkaian kegiatan juga diikuti diskusi dan dengar pendapat kinerja dan saran pelaksanaan kegiatan di tahun 2022.

UPA TIK
UPA TIK
Merupakan anggota tim Divisi Konten dan Multimedia UPT TIK Universitas Pendidikan Ganesha. Saat ini bergeliat dibidang website, videography, design, dan bidang informatika.