Cara Menggunakan Web Conference (Big Blue Button)

Web Conference merupakan fitur dalam LMS yang digunakan untuk melakukan komunikasi secara synchronous, diskusi dan berbagi (gagasan maupun pengalaman) antar pengguna. Spesifikasi minimum koneksi dan perangkat untuk menggunakan Web Conference direkomendasikan sebagai berikut :

  1. Perambah (browser) Google Chrome dan Mozilla Firefox, lebih baik dengan versi update (pembaruan) terkini.
  2. Desktop PC/Laptop, Dual Core CPU, Memory (RAM) 2GB.
  3. Webcam, internal maupun eksternal.
  4. Koneksi internet: Download Speed 1 Mbps dan Upload Speed 0,5 Mbps.

Peserta dapat melakukan aktivitas Web Confrence dengan mencermati beberapa hal berikut :

  1. Pastikan Jaringan Koneksi internet seperti yang dipersyaratkan.
  2. Pastikan fitur aktivitas Web Conference sudah tampil.
  3. Pastikan perangkat audio (mikrofon dan speaker) berfungsi dengan baik.
  4. Pastikan perangkat video (kamera atau webcam) berfungsi dengan baik.

Berikut langkah-langkah dalam menggunakan fitur Web Conference pada LMS :

  1. Pada laman LMS Peserta, klik aktivitas Web Conference yang telah tersedia di dalam kelas LMS.Baca Juga : Kelola Activity Web Conference
  2. Selanjutnya peserta akan diminta untuk bergabung. Klik tombol Join Session.
  3. Peserta akan di arahkan ke laman fitur BigBlueButton, tunggu proses instalasi hingga selesai. Selanjutnya silakan pilih Microphone atau Speaker untuk pengaturan perangkat audio yang akan dipakai.
  4. Selanjutnya, klik tombol Allow pada peramban Anda untuk memberi akses menggunakan fitur pada perangkat dalam menggunakan mikrofon maupun audio.
  5. Selanjutnya, silakan test audio perangkat Anda, klik YES (ikon jempol keatas) jika audio pada perangkat Anda bekerja dengan normal.Baca Juga : Penggunaan Web Conference Elearning Undiksha
  6. Peserta siap beraktifitas di dalam Web Conference.
  7. Berikut keterangan menu dalam Web Conference sesuai gambar diatas :

    1. Daftar peserta yang bergabung web conference.
    2. Tampilan Layar Presentasi.
    3. Menu Chatting.
    4. Tombol keluar dari web conference.
    5. Tampilan tombol audio dan webcam.
UPA TIK Komang Ariasa
UPA TIK Komang Ariasa
Merupakan anggota tim Divisi Konten dan Multimedia UPT TIK Universitas Pendidikan Ganesha. Saat ini bergeliat dibidang website, videography, design, dan bidang informatika.

Pengembangan Sistem Informasi

Kami melayani pengembangan sistem informasi untuk mempermudah pelayanan dan usaha anda, seperti:

  1. Sistem Informasi Absensi Online
  2. Sistem Informasi Akademik
  3. Sistem Informasi Manajemen Dokumen
  4. Sistem Informasi Manajemen Resources
  5. Sistem CBT atau Test Online Berbasis Komputer
  6. Sistem Informasi Eksekutif dan Pendukung Keputusan
  7. Webmail
  8. Aplikasi Mobile
  9. dan Sistem Informasi lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.


Lihat Selengkapnya

Pengembangan Website

Sudah saatnya penyebarluasan informasi melalui media website, kami melayani pembuatan website seperti :
  1. Website Company Profile (Instansi, sekolah, perusahaan, dan lainnya)
  2. Website Seminar/Conference
  3. Website lainnya untuk keperluan Anda


LIHAT SELENGKAPNYA

Layanan Design dan Multimedia

Nikmati tawaran menarik pembuatan konten
  1. Desain Logo
  2. Desain Spanduk/Pamflet/Banner, dll
  3. Video Profile
  4. Produk Multimedia Lainnya.


Lihat Selengkapnya