WordPress WPML Plugin – Menterjemahkan Menu

Pada WordPress, terdapat sebuah fitur menu dengan sistem navigasi yang tangguh. WPML memungkinkan anda untuk menterjemahkan menu-menu yang ada pada webiste anda sama seperti menterjemahkan post ataupun taksonomi.

Anda bisa langsung menuju ke menu Appearance/Tampilan kemudian pilih Menu. Pada langkah ini, anda bisa menyesuaikan menu terlebih dahulu sebelum melangkah ke terjemahan. Sesuaikan menu dengan kebutuhan website anda.

Untuk translasi menu anda bisa ke WPML, lalu klik Menu Sync, hal ini bertujuan untuk mensinkronisasi menu yang sudah ada atau sudah dibuat sebelumnya. Jika ada penambahan halaman yang sudah diterjemahkan sebelumnya dibuat, hal ini hanya perlu mensinkronisasi saja termasuk perubahan posisi menu-menu tersebut.

Baca Juga : WordPress WPML Plugin – Menterjemahkan Konten pada Postingan

Pada halaman selanjutnya, ditampilkan menu dengan 2 bahasa berbeda yang sudah digunakan sebelumnya (sesuai dengan bahasa yang aktif saat mengaktifkan WPML). Tentukan Menu yang akan diterjemahkan pada kolom yang hijau tersebut misalnya seperti gambar berikut, pada Menu Bahasa Indonesia ditampilkan Main Menu untuk Bahasa Inggrisnya bisa menggunakan Main Menu atau Menu atau sebagainya. Silahkan anda sesuaikan dengan website anda.

Terdapat catatan yang perlu di ketahui yaitu fungsinya adalah hanya menampilkan daftar halaman yang ada pada website anda dari bahasa Indonesia atau bahasa sebelumnya menjadi bahasa terjemahan sesuai dengan pilihan bahasa yang ada di WPML (default : Inggris). Jika sudah ditranslate halaman sebelumnya maka akan ditampilkan 2 halaman dengan bahasa yang berbeda termasuk menu-menu ini. Catatan lainnya yaitu terdapat note kolom Not Translate ada di beberapa menu tersebut, hal itu terjadi karena belum ada hasil terjemahan atau belum diterjemahka halaman dari menu tersebut. Untuk itu silahkan anda menterjemahkannya terlebih dahulu sesuai pada langkah Menterjemahkan Halaman/Pages.

Pada kolom sebelumnya terdapat warna hijau yang artinya melakukan penambahan bahasa baru, jika terdapat warna biru pada kolom hanya tinggal melakukan update saja. Jika sudah penyesuaian, anda bisa klik Sync.

Baca Juga : WordPress WPML Plugin – Menterjemahkan Halaman/Pages

Selanjutnya lakukan checklist atau beri mark centang pada page yang akan didaftarkan ke Menu dan klik Apply jika sudah.

Jika sudah semua, silahkan anda cek kembali atau di review page yang sudah ditranslate untuk cek hasil terjemahan menu.

UPA TIK
UPA TIK
Merupakan anggota tim Divisi Konten dan Multimedia UPT TIK Universitas Pendidikan Ganesha. Saat ini bergeliat dibidang website, videography, design, dan bidang informatika.