3 Ruang Laboratorium UPT TIK Jadi Tempat Pelaksanaan Tes UTBK

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang 1 sebagai tahapan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mulai berlangsung di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), sejak Sabtu (13/4/2019) lalu.

Sebagai salah satu tempat pelaksanaan tes, Universitas Pendidikan Ganesha menggunakan 9 laboratorium yang tersebar di berbagai wilayah Kampus Undiksha Singaraja, baik di kampus bawah maupun kampus tengah. Khusus pelaksanaan tes di UPT TIK menggunakan 3 ruangan yaitu Lab Timur, Lab Barat dan Ruang Vicon.

Dilansir dari web undiksha.ac.id, Koordinator Pelaksanaan Ujian, Kadek Yota Ernanda A, S.Kom.,M.T.,Ph.D menjelaskan secara keseluruhan, jumlah peserta ujian mencapai 3.285 orang, terbagi dalam Saintek dan Soshum. Mereka terdaftar dalam gelombang I dan II. “Untuk ujian hari ini yang pertama untuk gelombang I,” jelasnya. Disampaikan lebih lanjut, ujian dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu, terbagi dalam dua sesi dan berakhir pada 4 Mei. “Setelah ini dilanjutkan ujian untuk gelombang II. Waktunya juga Sabtu dan Minggu. Berakhir 26 Mei,” katanya.

Memperlancar pelaksanaannya, sebelumnya sudah dilakukan simulasi. Kesiapan seluruh perangkat telah dipastikan. “Kami sudah melakukan persiapan dari sebelumnya. Tempat ujian ada di sembilan ruangan,” ucap akademisi yang juga sebagai Ketua Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT-TIK) Undiksha ini. Ujian tersebut diawasi secara ketat. Peserta tidak diperkenankan membawa perlengkapan selain yang dibutuhkan. Dipastikan tidak ada kebocoran kunci jawaban. “Sistem baru dibuka sebelum ujian,” terangnya. 

UPA TIK
UPA TIK
Merupakan anggota tim Divisi Konten dan Multimedia UPT TIK Universitas Pendidikan Ganesha. Saat ini bergeliat dibidang website, videography, design, dan bidang informatika.