Peraturan hosting merupakan peraturan yang harus dilaksanakan oleh pengguna layanan hosting di Universitas Pendidkan Ganesha. Aturan ini dapat mengalami revisi apabila dalam pelaksanaannya atau dalam pengembangan sistem terdapat perubahan.

Definisi

  • Pengguna

Adalah pihak yang mendapatkan layanan hosting. Pengguna yang diijinkan adalah Pegawai, Dosen, Organisasi resmi serta Kegiatan Insidental di Universitas Pendidikan Ganesha.

  • Pengelola
    Lembaga yang bertanggung jawab atas pengelolaan layanan hosting di Universitas Pendidikan Ganesha. Pengelola yang dimaksud adalah Unit Penunjang Akademik Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPA TIK).

Aturan aturan layanan hosting

  1. Persetujuan
    1. Pihak pengguna setuju terhadap fitur-fitur yang disediakan.
    2. Dukungan teknis untuk pengguna diberikan selama jam dan hari kerja lewat email, telpon ataupun kunjungan dari pihak pengguna.
  2. Ketentuan Umum
    1. Pihak UPA TIK menyediakan layanan hosting secara gratis kepada pengguna dalam lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha.
    2. Pemberian nama domain harus mewakili nama pengguna yang bersangkutan dan atas persetujuan UPA TIK.
    3. Masa berlaku layanan hosting :
      • Untuk lembaga resmi bersifat permanen,.
      • Untuk lembaga insidental (kepanitiaan, dll) tergantung dari kesepakatan dan persetujuan pihak UPA TIK.
      • Untuk pegawai, staf, dan dosen bersifat permanen untuk mahasiswa, selama mahasiswa aktif.
    4. Penamaan dan pengelolaan domain sepenuhnya menjadi wewenang penanggungjawab admin.
    5. Pengelola tidak bertanggung jawab dan tidak berperan selain dari pencatatan atas pendelegasian nama dari domain yang diminta.
    6. Jika terjadi dispute atau perselisihan, maka penggunaan domain dibekukan sampai masalah dapat terselesaikan.
    7. Pihak pengguna layanan hosting mendapatkan dukungan secara teknis dari UPA TIK.
    8. Pihak UPA TIK berhak penuh untuk melakukan tindakan yang perlu, seperti mencabut, membekukan, dan lain-lain, atas domain yang telah didelegasikan apabila tidak mematuhi aturan aturan yang telah ditetapkan.
  3. Privasi dan Hak Pengguna
    1. Pemilik domain mempunyai hak penuh untuk menggunakan layanan dengan memperhatikan aturan dan prosedur yang berlaku.
    2. Segala sesuatu yang menyangkut data pihak pengguna tidak akan dipublikasikan oleh UPA TIK ke pihak manapun baik organisasi maupun perorangan.
  4. Batasan Isi Hosting
    1. Tidak ada batasan isi terhadap semua file pengguna selama materi tidak mengandung sara, unsur pornografi dan pelanggaran terhadap hak cipta.
    2. Tidak digunakan untuk tujuan kriminal (hacking, phising).
    3. Mengikuti standar yang diberlakukan untuk website di Undiksha.
    4. Pihak pengguna bertanggung jawab secara hukum sepenuhnya terhadap isi/materi file yang disimpan.
    5. Pihak UPA TIK tidak bertanggung jawab atas akibat akibat yang timbul yang disebabkan oleh isi/materi file milik pihak pengguna.

Prosedur :

  • Secara Online
    1. Tenaga pendidik/tenaga kependidikan mendaftar disini Pendaftaran Hosting Online
    2. Yang bisa mendaftar hanya jika pendaftar menggunakan email @uundiksha.ac.id
    3. Pendaftar harus mengisi formulir dengan lengkap, petunjuk pengisian bisa dilihat disini Panduan Pengisian Form.
    4. Petugas akan melakukan pengecekan ulang apakah alamat hosting yang diminta sudah ada atau belum, bila alamat hosting sudah ada petugas akan memberitahukan melalui email, bila belum petugas membuat alamat hosting yang diminta.
    5. Petugas mengirim notifikasi ke email pendaftar bahwa permintaan yang diajukan sudah selesai
  • Secara Offline
    1. Tenaga pendidik/tenaga kependidikan langsung datang ke UPA TIK untuk mengisi formulir pendaftaran di helpdesk UPA TIK atau langsung menemui petugas pendaftaran. Atau bisa download formulir pendaftaran disini Formulir Offline Hosting.
    2. Petugas akan melakukan pengecekan ulang apakah alamat hosting yang diminta sudah ada atau belum, bila alamat hosting sudah ada petugas akan memberitahukan melalui email, bila belum petugas membuat alamat hosting yang diminta
    3. Petugas mengirim notifikasi ke email pendaftar bahwa permintaan yang diajukan sudah selesai.