Prosedur Pengaduan Masalah Jaringan
  1. Tujuan : Prosedur ini ditetapkan dan dirancang  agar setiap proses pengelolaan perangkat keras infrastruktur teknologi, jaringan teknologi informasi dan infrastruktur komunikasi berjalan secara efektif.
  2. Ruang Lingkup :
    • Prosedur ini mencakup kegiatan pengelolaan perangkat keras infrastruktur teknologi.
    • Prosedur mengelola jaringan teknologi informasi dan infrastruktur komunikasi di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha yang dikelola oleh UPT TIK Undiksha.
  3. Definisi :
    • User adalah pemakai atau pengguna jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
    • Operator adalah SDM yang tugasnya mengoperasikan menghidupkan hardware, menjalankan software, berinteraksi dengan hardware dan software yang sedang beroprasi, dan menyudahi operasi (menghentikan software dan mematikan hardware).
    • Jaringan (network) adalah sebuah sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel.
    • Kabel jaringan adalah kabel yang menghubungkan antara komputer dengan komputer, dari server ke switch/hub kabel jaringan juga sebagai perantara antara user dengan user yang lain dalam satu wilayah lokal.
    • Jaringan Distribusi adalah sebuah jaringan yang menghubungkan tiap unit ke setiap gedung yang ada di unit tersebut yang menggunakan media kabel atau tanpa kabel.
  4. Prosedur :
    • User mengirimkan ticket melalui helpdesk system.
    • Jika ada gangguan pada jaringan yang dilaporkan melalui sistem pelayanan helpdesk, maka divisi jaringan di UPT TIK akan segera menangani. Penanganan sesuai kondisi kerusakan / gangguan.
    • Bila butuh penggantian alat, masing-masing fakultas merancang RAB alat yang akan diperlukan atau diganti, dikarenakan Divisi Jaringan hanya membantu dalam hal pemasangan.
    • Melakukan monitoring jaringan secara berkala untuk mengetahui jaringan tetap terjaga dan setiap saat tersambung.
    • Seluruh perangkat jaringan kabel dan nirkabel harus dapat dimonitor dan dikelola oleh masing-masing penanggung jawab unit kerja dan harus terdaftar serta dilaporkan secara berkala kepada UPT TIK Undiksha.
  5. Diagram alir prosedur penanganan masalah jaringan dapat dilihat pada gambar berikut ini:
  6. Diagram alur proses penanganan pengaduan dapat dilihat pada gambar berikut ini: