FAQ UMUM

1Saya lupa password mail undiksha, bagaimana solusinya?
Silakan langsung menghubungi Bagian Help Desk UPT TIK untuk menerima bantuan reset password.
2Bagaimana cara mendapatkan email undiksha bagi staff ataupun dosen ?
Dosen dan staff kependidikan di lingkungan undiksha dapat mempunyai email dengan domain @undiksha.ac.id, dengan menghubungi/ datang langsung ke kantor UPT TIK Undiksha. Sebagai catatan, email akan diberikan apabila pengguna sudah tercatat sebagai pegawai/ SDM yang terdaftar dalam Universitas Pendidikan Ganesha.
3Bagaimana cara mengatasi username tidak ditemukan pada sistem layanan UPA TIK?
Username tidak ditemukan pada sistem jika belum terdaftar pada sistem atau tidak diijinkan akses ke sistem tersebut. Silakan menghubungi UPT TIK untuk bantuan teknis/ mengecek terlebih dahulu otoritas sistem yang akan digunakan.
4Saya ingin membuat akun hotspot undiksha, bagaimana prosedurnya?
Silakan menghubungi Help Desk yang bertugas, nanti akan diproses untuk pembuatan akun hotspot baru.
5Ketika pertama kali login, muncul tampilan 'Change your Password'. Itu artinya apa?
Artinya, Anda diminta untuk mengubah password default(standar) yang diperoleh saat registrasi dengan password yang baru. ‘New password must have at least 8 characters and contain uppercase, lowercase and digit.’, artinya : Password baru harus memiliki minimal 8 karakter dan mengandung huruf besar, huruf kecil dan angka ‘Current password:’, adalah password lama Anda(yang diperoleh saat registrasi). ‘New password:’, isikan dengan password baru Anda. ‘Re-type new password:’, ulangi penulisan password baru sebelumnya.
6Bagaimana cara mengirim/menerima email melalui Smartphone Android Saya?
Anda dapat mengirim/menerima email melalui aplikasi email client baik di Smartphone (Android/iPhone/Windows Mobile/BlackBerry) atau di komputer Anda (Microsoft Outlook/Mozila Thunderbird) tanpa menggunakan Web Browser. Untuk melakukannya, silahkan mengikuti langkah-langkah konfigurasi email client sesuai panduan pada halaman https://drive.google.com/file/d/0B24y0qIKJueDeFFyWEtQYjk5Z1k/view
7Apa yang harus dilakukan apabila muncul peringatan "Your password is no longer valid"?
Silahkan mengikuti keterangan (menginputkan password baru) sesuai input pada Gambar. Lalu tekan tombol Sign In.
8Apa yang harus saya lakukan apabila muncul peringatan seperti "Connection Untrusted"?
Lakukan dengan cara di bawah sesuai dengan web browser yang digunakan. - IE: Klik "Continue to this website" - Opera: Klik "Approve" - Safari: Klik "Continue" - Chrome: Klik "Proceed anyway" - Firefox: "I Understand the Risk" > "Add Exception" > "Confirm Security Exception"
9Selain untuk akses jurnal online, apa yang dapat saya gunakan dengan email undiksha ?
Saat ini layanan sistem UPT TIK mulai menerapkan fitur Single Sign On (SSO) dengan menggunakan user email. Email undiksha bisa digunakan untuk mengakses semua sistem yang telah terdaftar hanya dengan sekali login.

FAQ MAHASISWA

1Saya mahasiswa aktif, bagaimana cara untuk mendapakan email Undiksha?
Email resmi dengan domain @undiksha.ac.id diperuntukkan juga bagi mahasiswa jenjang Diploma sampai S3. Sejak mahasiswa angkatan tahun 2016, email untuk mahasiswa Diploma dan S1, secara otomatis telah tergenerate dan bisa dilihat langsung pada SIAK undiksha. Bagi mahasiswa lain yang belum terdaftar, silakan mengikuti prosedur pembuatan layanan email pada layanan ini.
2Bagaimana cara perubahan nama dan biodata di SIAK?
Untuk perubahan biodata bisa dilakukan mahasiswa sendiri pada web SIAK Undiksha. Namun untuk perubahan nama, silakan menghubungi KASUBAG Akademik Fakultas mahasiswa dengan membawa KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) dan Ijazah Terakhir.
3Bagaimana mengubah atau lupa passwod SIAK?
Untuk merubah/mengetahui password SIAK, silakan menghubungi KASUBAG Akademik Fakultas mahasiswa yang bersangkutan dengan membawa KTM (Kartu Tanda Mahasiswa).

FAQ DOSEN

1Saya belum memiliki akun SIAK Dosen, bagaimana solusinya?
Silakan menghubungi helpdesk dengan membawa salinan data surat tugas dan SK yang masih berlaku.

FAQ PENERIMAAN MAHASISWA SMBJM

1Apa itu SMBJM Undiksha?

SMBJM adalah penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh Universitas Pendidikan Ganesha

2Siapa saja yang boleh ikut SMBJM Undiksha?
  • SMBJM dibuka untuk calon mahasiswa yang BELUM mendapatkan tempat kuliah
  • SMBJM dibuka untuk calon mahasiswa yang TIDAK lolos pada seleksi SNMPTN atau SBMPTN
  • SMBJM dibuka untuk calon mahasiswa yang SUDAH lolos pada seleksi SNMPTN atau SBMPTN tetapi hendak membatalkan pilihannya dan hendak memilih kampus atau Program Studi yang lain
3Dimana saya bisa mendaftar SMBJM Undiksha?
Pendaftaran SMBJM dilakukan secara online dan bisa diakses pada laman http://penerimaan.undiksha.ac.id/ujian-tulis
4Bagaimana tahap-tahap penerimaan jalur SMBJM Undiksha?
  • Melakukan pendaftaran secara Online
  • Membayar biaya pendaftaran di Bank serta akan mendapat akun/pin Login dari teller Bank
  • Login kembali untuk mengisi biodata pendaftaran secara detail
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes CBT
  • Calon mahasiswa mengikuti tes seleksi yang menggunakan media CBT (Computer Based Test)
  • Menunggu hasil seleksi
  • Melakukan daftar kembali bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi
5Bagaimana caranya mengisi Form Pendaftaran ?
Isilah data diri Anda pada kolom-kolom yang telah disediakan. Data yang diminta diisi sesuai dengan kondisi dan keadaan yang sebenarnya
6Dimana bisa melihat data NISN ?
NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional. Informasi NISN bisa dicari pada laman berikut http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
7Bagaimana jika Data Sekolah saya tidak ada?
Silahkan hubungi ke nomor berikut (0362) 26100. Mintalah agar admin menginputkan data sekolah Anda
8Apa itu Tahun Ijasah?
Tahun Ijasah diisi dengan tahun tamat SMA/SMK
9Apa yang harus saya lakukan setelah melakukan Pendaftaran?
Lakukan pembayaran biaya pendaftaran di Bank
10Saya calon mahasiswa Penerima Bidikmisi, apakah saya harus membayar biaya Pendaftaran?
Iya, Seluruh calon pelamar harus membayar biaya pendaftaran
11Apa itu Estimasi Biaya Kuliah?
Estimasi biaya kuliah adalah perkiraan biaya persemester yang harus ditanggung oleh calon mahasiswa jika mengikuti perkuliahan di Undiksha
12Saya sudah membayar biaya Pendaftaran di Bank, apa yang harus saya lakukan selanjutnya?
  • Login kembali ke Sistem Penerimaan menggunakan akun yang telah diberikan oleh teller Bank
  • Setelah Login isilah data biodata anda mulai dari Data Diri, Data Keluarga, Tanah & Bangunan, Kendaraan, BSM/KPS/Bidikmisi
  • Data diisi sesuai dengan kondisi dan keadaan yang sebenarnya
13Bagaimana jika saya TIDAK mengisi biodata?
Calon mahasiswa yang TIDAK mengisi biodata, bisa dinyatakan GAGAL secara Administrasi
14Adakah panduan untuk mengisi Data Biodata?

Ada, Petunjuk penggunaan sistem penerimaan mahasiswa baru jalur SMBJM dapat didownload pad link berikut:

http://penerimaan.undiksha.ac.id/panduan/PANDUAN-WEBSITE-PENERIMAAN-MAHASISWA-BARU-SMBJM-TULISv2.pdf

15Saya sudah mengisi data biodata dengan lengkap, apa yang harus saya lakukan selanjutnya?
  • Lakukan pengecekan kembali terhadap data-data yang telah di-inputkan
  • Jika data yang di-inputkan menurut Anda sudah benar maka lakukan Validasi

Catatan: Hati-hati jika hendak melakukan validasi! Karena validasi hanya bisa dilakukan sekali saja

16Saya sudah melakukan Validasi, apa yang harus saya lakukan selanjutnya?
  • Cetak Kartu Peserta
  • Kartu peserta akan digunakan pada saat tes CBT
  • Tunggu pengumuman pelaksaan tes CBT
17Kemana bisa mengadu jika saya punya permasalahan spesifik terkait SMBJM yang tidak saya pahami?

Silahkan hubungi panitia penerimaan SMBJM pada kontak berikut:

  • Panitia SMBJM (0362) 22570
  • Bagian Teknis UPT TIK (0362) 26100

FAQ REMUNERASI

1Saya hendak mengecek poin remunerasi, apa saja yang harus saya siapkan?
  1. Memastikan agenda mengajar dari masing-masing mata kuliah yang diampu sudah dilengkapi pada SIAK
  2. Mencocokkan kode mata kuliah yang diampu (pada SIAK) dengan SK mengajar yang diupload pada Shakuntala
  3. Mengupload data penelitian dan pengabdian pada Silidia
  4. Mengupload data kinerja pada sistem Kinerja
  5. Mengecek SK lainnya yang terkait yang diakui remun pada sistem Shakuntala
  6. Mengecek data jabatan struktural (yang sedang diemban) pada Sistem Dosen
2Saya sudah melengkapi agenda mengajar pada SIAK tetapi ada beberapa mata kuliah yang tetap belum muncul di sistem Remun, apa yang harus saya lakukan?
  1. Pastikan sudah mengisi agenda mengajar untuk setiap mata kuliah yang diampu
  2. Bersama dengan operator IT Fakultas, lakukan pengecekan dan pencocokan kode mata kuliah serta kelas yang diampu di SIAK dengan SK mengajar yang diupload di sistem Shakuntala
  3. Lakukan sinkronisasi pada sistem remunerasi
3Jabatan struktural yang sedang saya duduki tidak muncul pada sistem Remunerasi, apa yang harus saya lakukan?
  1. Laporkan ke bagian kepegawaian Undiksha agar dilakukan pembaharuan data jabatan struktural pada Sistem Dosen
  2. Jika jabatan struktural telah diperbaharui, silahkan lakukan sinkronisasi pada sistem Remunerasi
4Saya telah membimbing seminar proposal/menguji proposal (TA, Skripsi, Tesis, dan Disertasi) tetapi poin yang ditampilkan pada sistem remun sepertinya tidak sesuai, bagaimana solusinya?
  1. Bersama dengan operator IT Fakultas, pastikan bahwa SK Pembimbing Seminar Proposal TA/Skripsi/Disertasi telah terupload ke sistem shakuntala serta telah di tandai (tag) sebagai komponen remun
  2. Lakukan sinkronisasi pada sistem remunerasi
5Saya telah membimbing/menguji (TA, Skripsi, Tesis, dan Disertasi) tetapi poin yang ditampilkan pada sistem remun sepertinya tidak sesuai, bagaimana solusinya?
  1. Bersama dengan operator IT Fakultas, pastikan bahwa SK Pembimbing/Penguji  (TA, Skripsi, Tesis dan Disertasi) telah terupload ke sistem shakuntala serta telah di tandai (tag) sebagai komponen remun
  2. Lakukan sinkronisasi pada sistem remunerasi
6Setelah saya mengecek komponen-komponen yang ada pada sistem remun sepertinya komponen rekapitulasi absensi tidak sesuai, bagaimana cara memperbaikinya?
  1. Lakukan pengecekan absensi pada Siwalu terhadap tanggal-tanggal yang tidak sesuai
  2. Koordinasi dengan atasan terkait (berjenjang) jika hendak memperbaiki data absensi
  3. Atasan terkait berkoordinasi dengan bagian kepegawaian bidang absensi untuk menambahkan data kehadiran secara manual
  4. Lakukan sinkronisasi pada sistem remunerasi
7Saya hendak mengecek poin sistem remun tetapi sistem menyatakan Komponen Penelitian atau Komponen Pengabdian belum terisi, bagaimana solusinya?
  1. Lakukan input data penelitian dan pengabdian P2M (yang dananya bersumber dari DIPA) pada sistem Silidia
  2. Lakukan input data penelitian dan pengabdian P2M (yang dananya bersumber dari luar lembaga) pada sistem Kinerja
  3. Lakukan sinkronisasi pada sistem Remunerasi