UPT TIK Laksanakan Kegiatan Pelatihan Pengisian Konten Website di Lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha

Dalam rangka mendukung pencapaian akreditasi internasional, UPT TIK Undiksha mengadakan kegiatan pelatihan pengisian konten website bagi staff IT di lingkungan Undiksha dan Prodi peserta akreditasi AQAS. Kegiatan telah berlangsung Rabu (24/11), bertempat di Ruang Vicon UPT TIK sejak pukul 09.00 WITA. 

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala UPT TIK, I Ketut Resika Arthana, S.T., M.Kom. dengan di dampingi Ketua Divisi Manajemen Konten beserta staf yang bertugas. Kegiatan yang dihadiri staf IT website Fakultas/Pascasarjana/Lembaga/Unit/PJM/BKK/Pejabat Fungsional Madya bagian Akademik, Kemahasiswaan, Kepegawaian Rektorat di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha ini khusus membahas persiapan pelaksanaan akreditasi AQAS yang akan berlangsung awal tahun 2022. 

Mewakili WR 1 dan Ketua Akreditasi Internasional, Kepala UPT TIK menyampaikan berbagai hal penting yang harus dilakukan tim IT website.

“Website yang ada di undiksha, diharapkan menjadi etalase informasi dari masing-masing Unit/Prodi/Fakultas karena ketika ingin mencari informasi tertentu, maka pertama kali akan mencari di website. Sehingga harapan nanti, website yang dimiliki benar-benar hidup dan tentunya diharapkan dapat meningkatkan SEO”, ungkap Kepala UPT TIK menyampaikan pesan Wakil Rektor 1 Undiksha yang berhalangan hadir. 

Disampaikan lebih lanjut, tujuan pelaksanaan kegiatan hari ini adalah terkait akreditasi internasional, ketika berbicara tentang internasional pasti yang dicek pertama kali adalah website.

“Kesana pertama seperti apa, nah agar tampilan menarik maka kita perlu mempercantik website, mengupdate informasi. Harapan kami setelah kegiatan ini website yang dikelola terupdate dari segi tampilan, konten, maupun berita”, tambah beliau dalam penyampaian sambutan.

Setelah membuka kegiatan, acara dilanjutkan oleh Ketua Divisi Manajemen Konten dengan pemaparan informasi terkait kondisi konten website saat ini, kebutuhan data website AQAS yang harus dilengkapi, struktur menu dan konten, beserta hal penting menyambut akreditasi internasional.

Pertemuan yang berlangsung hari Rabu lalu, juga turut mengundang program studi klaster Elementary Technology Education yang terdiri dari S1 PGSD, S2 Pendidikan Dasar, S3 Pendidikan Dasar, S3 Ilmu Pendidikan, dan S1 TP. Admin IT website untuk di lingkungan Pascasarjana dihandle langsung IT Pasca, sedangkan admin website PGSD dan TP telah dihandle langsung masing-masing petugas yang ditunjuk prodi. Undangan khusus klaster ini dilakukan mengingat dijadikannya project sample untuk klaster lainnya dalam pengembangan website, sebelum dilanjutkan mengundang tim klaster lain pada tanggal yang sudah ditentukan.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan pula pelatihan pengisian konten untuk tim IT operator website meliputi proses pengelolaan halaman, mengelola postingan, menggunakan fasilitas translate website, dan pengenalan berbagai fitur-fitur baru pada CMS terkini. Sesi diskusi turut melengkapi jalannya kegiatan. 

Diharapkan melalui pertemuan ini pengisian konten website di lingkungan Undiksha dapat diupdate berkala dan dilengkapi dua bahasa (Indonesia dan English). Translate konten akan dibantu tim translate dari UPT Bahasa, sedangkan input konten ke website akan dilakukan masing-masing operator secara mandiri.

“Kegiatan tidak akan berhenti disini, UPT TIK akan memantau, mengadakan pelatihan, dan evaluasi setiap website yang bapak/ibu kelola”, pesan Kepala UPT TIK saat mengakhiri sambutannya.

UPA TIK
UPA TIK
Merupakan anggota tim Divisi Konten dan Multimedia UPT TIK Universitas Pendidikan Ganesha. Saat ini bergeliat dibidang website, videography, design, dan bidang informatika.