Wujudkan Layanan Prima, Undiksha Launching e-Office Terintegrasi Tandatangan Elektonik

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melaunching e-office dan sistem inventaris para Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) tahun 2021, Rabu (4/12/2019). Terobosan berbasis teknologi informasi ini sebagai salah satu cara untuk mewujudkan layanan prima.

Dua sistem itu dilaunching Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. Ia mengatakan, di era yang dituntut langkah cepat ini, pemanfaatan teknologi dalam pelayanan terus dimaksimalkan. “Dengan tambahan dua sistem ini, Undiksha sekarang memiliki 46 sistem berbasis IT. Ini harus bisa dimanfaatkan dengan maksimal,” sebutnya.

Wakil Rektor II Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., yang turut mendampingi mengatakan penerapan sistem ini harus mendapat dukungan dari seluruh pihak dan perkembangannya terus dipantau. “Sistem ini bisa saja berubah setiap saat. Ini akan terus dievaluasi sehingga bisa berjalan maksimal,” katanya.

Sementara itu, Ketua UPT TIK Undiksha, I Ketut Resika Arthana, S.T.,M.Kom menjelaskan salah satu bentuk e-office adalah dalam penandatanganan sertifikat. “Penandatangan sertifikat elektronik ini sudah bekerjasama dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) – Badan Siber Sandi Negara (BSSN),” jelasnya.

Terobosan ini, menurutnya juga berfungsi untuk meningkatkan keamanan informasi elektronik yang meliputi otentifikasi, integritas, nir penyangkalan dan kerahasiaan. Pemanfaatan sertifikat ini sesuai dengan amanat UU ITE no 19 tahun 2016 dan PP PSTE tahun 2012. Dalam inventarisasi barang, juga akan dimudahkan dalam mengakses dokumen. Hal ini secara otomatis berimbas pada efesiensi waktu, ramah lingkungan. “Dengan sistem ini, kemungkinan hilangnya data akan lebih kecil. Penggunaannya akan terus dikembangkan, sampai dalam hal surat menyurat,” pungkasnya. (hms)

Link gallery foto lengkap 

UPA TIK
UPA TIK
Merupakan anggota tim Divisi Konten dan Multimedia UPT TIK Universitas Pendidikan Ganesha. Saat ini bergeliat dibidang website, videography, design, dan bidang informatika.